Thanks for vist

Bersama pancake.


Mari Bercerpen!!
“Lama banget lo, setan!” Bimo mengutuk gue yang baru aja datang.
“Sori, tadi vespa gue ngadat gak mau nyala.” Gue menduduki sofa yang berada tepat di sebelah Bimo. “Lupa kasi sesajen kayaknya tadi malem.”
“Kenapa gak pake mobil?!”
Hening.
“Err.. iya juga ya?” Gue nyengir dan dahi Bimo makin mengkerut. “Lupa gue. Lo sih gak bilang daritadi.”
“Bener bener deh lo, Mas!”
“Haha, iye maap maap.” Gue ketawa ngikik.
Waktu Bimo mau melanjutkan makiannya, tiba-tiba seseorang menghampiri kami. Dan makian Bimo itu entah kembali lagi ke dalam perutnya, atau dia tahan di dalam kerongkongan. Sulit ditebak jika hanya melihat wajahnya yang memerah seperti orang menahan kekuatan kentut ekstra yang berbahaya.
Oh oke gue lebay. Tapi gue ganteng kok, jadinya impas.
“Permisi, Mas. Mau pesen apa ini?” Orang itu ternyata pelayan wanita yang  mengenakan seragam berwarna cokelat tua. Dia cuman nanya ke gue, karena Bimo udah pesan kopi dari tadi. Itu, bekas gelasnya yang ada dua buah, terlihat kosong di atas meja.
“Oh, saya mau black coffee satu deh, Mba’.” Gue menjawab cepat. Menjawab dengan cepat maksudnya, bukan menjawab ‘cepat’. Dan cepat itu juga bukan nama si pelayan yang pertanyaannya gue jawab. Begitulah adanya.
Black coffee-nya satu. Ada yang lain lagi, Mas? Bole coba pancake-nya? Enak lho.” Pelayan itu berbicara sambil tersenyum. Seperti hendak tertawa, tapi ditahan-tahan. Entah ditahan oleh apa, atau oleh siapa. Asal jangan ditahan hansip sih gak apa-apa.
“Oh, boleh deh satu.” Gue nelen ludah nahan pengen. “Lo gak mau, Mo?”
“Kagak!” Bimo menjawab sewot.
Gue nyengir lebih lebar.
“Udah, itu aja dulu kayaknya, Mba’.” Kata gue pada si Pelayan yang pergi setelah mengucapkan terima kasih. Sopan sekali dia, pasti waktu SD pernah dapat sepuluh besar. Sama kayak gue. Makanya gue juga sopan.
Setelah itu gue langsung ngeluarin hape dari dalam kantong celana. Pada layarnya, gue mendapati ada satu pesan singkat dari seseorang, gue belum tahu siapa karena gue belum buka. Gue buka, ngangguk bentar lalu membalasnya dengan segera.
Intinya gue mengiyakan isi pesan tersebut. Abis bales pesan, gue kantongin lagi dong hapenya, masa iya gue lempar ke jidat Bimo? Nanti bisa lecet hape baru gue ini. Waktu gue beli, SPG-nya cakep pula. Sayang kan, nilai historisnya tinggi.
Terus itu gue langsung diem, sambil lihatin orang yang berjalan lalu lalang di depan cafe. Ini sengaja gue lakukan, biar Bimo tambah kesel. Biar gue tahu dia kalo kesal banget, bisa jadi hulk juga atau  gak, kayak di film itu. Siapa tau dia bisa berubah jadi hulk warna pink!
“Woy!” Bimo memukul pelan dengkul gue. Seperti kucing gembul yang minta diperhatikan oleh majikannya.
Gue liat dia, dan hampir kaget. Gue kirain dia udah berubah beneran jadi hulk. Tapi ternyata tampangnya emang kayak gitu, bisa-bisanya gue lupa.

“Eh, ada apa, Mo?” gue pura-pura kaget dan nyengir lagi. “Wah, udah lama lo dimari? Udah lama nih kayaknya, ya? Sampe habis dua gelas kopi gitu. Gak baek lho banyak-banyak minum kopi. Lo katanya ada maag. Ya kan ya kan?”
Plok.
Pipi gue digapluk Bimo pake gulungan majalah ternak yang dari tadi dipegangnya.
“Eh diem, dodol! Serius nih. Gue deg-degan banget!” Wajah kesal Bimo perlahan mengendur. Terlihat jelas gurat cemas disana. Eh, entah itu cemas atau memang kebelet. Nggak jauh beda sepertinya dari biasa.
“Kenapa lo? Kayak mau disunat aja pake deg-degan segala.”
“Seriusan! Gue nggak ngebayangin kalo dia nolak. Gila aja! Hancur berkeping-keping hati gue jadinya.” Bimo mengacak-acak rambutnya yang semi kribo itu. Kadang gue mikir, tiap kali dia ngacak-ngacak rambut gitu, pernah gak tangannya nyangkut kebelit rambut sendirim terus gak bisa lepas sampe dia harus dibotakin.
Gue langsung ngakak. “Dangdut lo, ah!”
“Rrrr.. gue gak peduli malunya. Gue cuma gak pengen dia lari dari hidup gue, itu doang, Mas.” Kata Bimo lagi. Nggak nyambung.
Well, baru kali ini gue lihat Bimo, seorang playboy jaman kuliah, mati kutu karena seorang wanita. Meski gue gak tau cewek itu ada kutunya atau nggak, yang pasti wanita bernama Kira itu, telah membuat Bimo jadi punya emosi kayak ABG labil lagi bokek. Bawaannya uraing-uringan mulu. Tiap ketemu sepen-lepen maunya selonjoran di terasnya mulu.
“Ja..” Upaya gue untuk buka suara, digagalkan oleh kedatangan pelayan yang membawa pesanan. Gue kasih senyum dan dia langsung pergi setelah gue ucapkan terima kasih.
“Ja apaan? Jakarta punya monorail?” Bimo ngocol.
“Ja.. Di.. Bimo, gue tanya sama elo.” Kata gue pelan.
“He’eh..”
Sambil menggantung omongan, gue membuka bungkus gula, dan menaburkannya ke dalam kopi. “Elo udah tau ntar apa yang bakalan lo bilang ke dia?”
Bimo menghenyakan punggungnya ke sofa. Tangannya sibuk memainkan zippo bercorak bendera Amerika miliknya. “Gue tau, tapi..”
“Tapi lo belom yakin?”
Bimo mengangguk.
“Tapi lo takut lo salah ngomong?”
Bimo mengangguk lagi.
“Tapi lo takut.. err..”
Bimo diem. Terlihat dia tengah menahan nafas menantikan ucapan gue selanjutnya.
Gue mengaduk kopi perlahan, dan meminumnya sedikit. Gue keluarin hape, dan main game snake sambil cekikikan.
“WOY!”
“Eh, ada apa, Mo?” gue pura-pura nggak ada apa-apa.
“Sambungin omongan lo. Gue hampir pingsan nahan napas, dodol!”
“Lho? Lo nungguin? Gue kirain kagak.” Gue ngakak lagi.
“…” Bimo siap-siap gampar muka gue pake majalah lagi.
“Oh oke, tapi.. lo takut lo bakalan ditolak?”
Bimo mengangguk berkali-kali. Kelihatannya, ucapan gue yang terakhir yang paling ngena di hatinya.

Iya, siapa sih yang nggak takut ditolak ketika kita mengharapkan sesuatu? Gue aja kalo nelpon bini pake private number terus dia tolak rasanya kesel. Kesel gak bisa godain dia sih. Memang beda kasus, tapi intinya gue mau nyampein kalo dimana-mana, ketika kita berharap dan kita ditolak itu rasanya nyesek. Lo boleh percaya, bole kagak, tapi itu lah yang terjadi. Hidup telah mengajarkannya pada gue.
Oke, ngomong serius ini bikin hidung gue gatel.
“Gue harus gimana, Mas?” Bimo kembali mengacak-acak rambutnya, dan gue kembali berharap tangannya nyangkut disana.
“Ya udah, yang penting lo harus tenang.”
“Terus?”
“Tenang dulu. Lo udah tenang belom ini?”
“Belom.”
“Tenangin diri dulu kalo gitu dong!”
“Caranya?”
“Bikin sayembara.” Jawab gue sekenanya.
“Seriusan, Mas?” Bimo menjawab dengan polosnya.
“Serius pala lo gedek. Gini.. coba lo tarik nafas, tahan bentar, keluarain lagi. Kayak senam SKJ. Lakuin terus sampe perasaan lo lebih tenang. Itu biasanya yang gue lakuin kalo harus ketemu mertua.”
“Oh, oke, Mas!” Bimo jawab semangat.
“Nah, kalo lo udah tenang, pada saat lo nyampein ke Kira nanti, lo cuman harus jujur.”
“Jujur?”
“Iya, kayak lagu Radja. Lagu yang pernah gue pasangin jadi ring back tone di hape lo itu.”
“Jadi itu elo yang masang, pantesan! Kampret!”
“Udah udah, jangan rewel. Ntar gue pasangin lagi deh. Nah, sekarang lo ngerti gak yang gue maksud tadi?”
“Err.. belom. Gue kalo cuman ngebayanginnya doang sih bisa. Tapi takutnya pas udah di depan dia, malah gagap.” Bimo sekali lagu acak-acak rambutnya, tapi kali ini gue capek berharap. Sungguh.
“Bagus kan kalo gagap, lo bisa jadi pelawak.”
“…”
“Nah, itu makanya gue suruh lo tadi tenang. Baru deh ngomong. Jangan panik, biarkan semuanya ngalir. Ngerti?” kata gue semangat. Tapi kayaknya gue terlalu semangat. Ini ditandai dengan pandangan aneh orang-orang di sekeliling kami. Mereka berbisik-bisik. Mungkin mereka heran kok gue bisa ganteng banget. Ah, dasar orang sirik!
“Oke oke. Gue siap!”
“Nah gitu dong.”

Gue ambil hape dan menekan beberapa nomor. Bimo diam, dia tampak sibuk dengan pikirannya sendiri.
“Halo.” Nah, ini suara wanita di seberang telepon.
“Halo, 5 menit lagi.” Gue ngejawab pasti dengan suara pelan.
“Oh, oke.”
Sambungan telepon terputus.

Gue meratiin Bimo, wajahnya makin memucat. Pasti deg-degan banget rasa hatinya. Gue sedikit banyak bisa merasakannya.
“Bimo. Tugas gue kayaknya udah cukup.” Kata gue dengan suara dalam. Ini karena memang gue ngomong serius.
“Heh? Gue harus terus latihan sampe nanti malem. Masih 7 jam lagi sebelum gue ngelamar dia.” Bimo mencak-mencak.
“Udah, nggak ada yang harus lo latihanin lagi. Lo cuman harus tenang, dan jujur. Jujur pada perasaan lo sendiri. Sisanya biar Tuhan yang tentukan.”
Bimo melongo lihat gue ngomong beginian.
“Percaya sama gue, Mo. Bentar lagi dia dateng…” gue liat jam tangan. “Sekirar 3 menit lagi.”
“BUSET! APAAN INI?” Bimo kaget.
Plak.
Gue tampar pipinya.
“Lo harus tenang, bego! Tenang dan jujur. Kira bentar lagi dateng, rapiin rambut lo itu, gue bantu doa nanti. Pasti bisa! Pasti diterima!” Gue nyengir.

Dan merasa tak punya pilihan lain, Bimo menuruti perkataan gue. Dia rapiin rambutnya, juga bajunya. Dia mau merapikan muka, tapi gue rasa dia juga tahu kalo usaha itu sia-sia.
“Gue cabut dulu, Mo. Good luck, buddy!”
Secepat mungkin gue keluar dari dalam cafe. Kopinya biarlah Bimo yang bayar. Di pintu masuk, gue berselisih jalan dengan Kira. Entahlah, gue yakin itu dia. Cantik dan anggun. Pantas saja Bimo tergila-gila. Tapi parfumnya kok aroma pisang? Rrr.. ngetren apa yak?

Ini gue gak langsung pergi, dan mencoba mengamati gerak-gerik Bimo dan Kira dari kaca jendela depan cafe. Gue gak harus takut terlihat oleh orang-orang, karena memang mereka tidak bisa lihat gue juga.
“Hei, Mas.”
Seseorang memukul pundak gue. Namanya, Sherry. Dia rekan kerja gue. Dia lah yang menjadi pelayan berseragam cokelat.
“Ini pancake lo tadi.” Sherry memberikan piring berisi makanan itu. Gue nyengir dan memakannya kayak orang kalap buka puasa.
Sherry lalu mengajak gue masuk ke dalam cafe, tapi tidak lewat pintu yang gue lewati tadi ketika masuk dan keluar. Kita berdua menembus dinding dengan kaki melayang, seperti yang biasa kaum kami lakukan.
Lalu setelah cukup dekat dengan meja dimana Bimo dan Kira duduk, dengan satu jentikan tangan, Sherry mengeluarkan sebuah sofa empuk dari udara kosong. Sofa itu menggantung begitu saja. Gue dan dia lalu duduk disana. Kami lalu serius memperhatikan Bimo yang dengan tenangnya, mencoba mengungkapkan perasaannya pada Kira. Wanita itu hanya diam, dengan tangan mendekap dada. Matanya terlihat berkaca-kaca.
“Kira.. will you marry me?
Dang!
Keluar juga kata-kata sakti itu dari mulut Bimo. gue deg-degan parah. Meski gue tahu, pasti keterima.
Sekarang perhatian gue dan Sherry terpaku pada Kira yang matanya makin berkaca-kaca. Tanpa menjawab, dia berdiri memeluk Bimo. Dan Bimo langsung teriak girang, waktu Kira membisikkan kata “Iya” pada telingannya.
“SEMUA YANG DISINI, GUE TRAKTIR! LAMARAN GUE DITERIMA WANITA CANTIK INI!WOOOHOOO!!” Bimo teriak kayak orang gila. Eh ralat, dia memang setengah gila.
Dan seperti temen-temennya orang gila, orang seisi cafe, berteriak senang dan bertepuk tangan karena ditraktir mendadak. Beberapa orang menghampiri Bimo, dan mengucapkan selamat. Nah, Bimo pun menangis haru. Kayak bocah yang dibeliin kancut baru.

“Oke, kerjaan kita hari ini selesai, Mas.” Sherry nyenggol lengan gue.
“Iya, Sher.”
Entah kenapa mata gue berkaca. Gue baru kenal Bimo beberapa menit yang lalu, dan dengan sihir kecil dia mengira gue ini adalah sahabat lamanya. Dan entah mengapa, gue juga merasa seperti ini. Entahlah.
“Udahan ini? Biar gue bersihin lagi ingatan mereka tentang kita.” Sherry nyenggol lengan gue lagi. Dia ini memang doyan nyenggol.
“Iya. Hapus gih.” Gue nyengir.
“Jangan sedih. Nanti sesekali kita kunjungi mereka lagi.” Sherry lalu merapal mantera, dan semacam cahaya merah muda keluar dari kepala orang-orang yang berada di dalam cafe. Ingatan mereka tentang gue dan Sherry itu akhirnya terbang menembus langit-langit bangunan, menuju langit yang sebenarnya.
“Yuk, Mas! Masih ada lima orang lagi yang harus kita jodohin.” Tuh, Sherry nyenggol lagi.
“Lima? Buset! Selanjutnya gue pengen jadi barista deh, biar kerenan dikit.”
“Haha, serah lo deh, Mas. Yuk!”
Sherry meraih tangan gue, dan kita pun menghilang.
Poof!

Sesaat tadi sebelum melompati dimensi tadi, gue yakin banget, Bimo ngeliat gue. Ngeliat langsung ke mata gue. Ah gila! Hubungan batin apa ini?  Nanti anak mereka, harus anak gue juga yang jodohin!
Gue kembali bersemangat.
“Yak, selamat datang di Barcelona!” Sherry berteriak lantang.
“Oh, hari ini bule ya? Sip!”
“Yup, dan mereka.. lesbi.”
“Oh.. good..”
 P.s : Jangan ambil sisi negatif, ambil sisi positif.. Salam dangdut, #Sman8Tangerang

fin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar