Thanks for vist

Dibutuhkan banyak : Agen Perubahan!

PEMUDA-PEMUDI ADALAH AGEN PERUBAHAN. Meski banyak di antara kita yang juga agen durian atau bahkan agen togel gadungan.
Baik, setelah mendengar itu, lalu muncul sebuah pertanyaan : “agen perubahan itu apa? Atau bagaimana?”
Well, menurut isi kepala saya yang sedikit isinya ini, mengapa pemuda disebut sebagai agen perubahan adalah karena potensi pemuda-pemudi dalam sebuah negara lah yang paling besar untuk menentukan masa depan sebuah negara. Tentunya tanpa mengesampingkan generasi tua yang ada, tapi memang keberadaan generasi pemimpin yang sekarang ada ini, cepat atau lambat pasti akan minggat. Dan kita-kita jugalah yang akan mengisinya.
Coba ingat beberapa peristiwa penting dalam sejarah. Di antaranya itu disutradarai oleh banyak pemuda hebat. Sebuat saja seperti peristiwa sumpah pemuda, sampai dengan peristiwa Rengasdengklok, yang menjadi asal mula kemerdekaan negeri ini. Bisa dibayangkan butuh upaya sebesar apa untuk menyatukan negeri dengan tingkat majemuk yang tinggi ini. Dan mereka berhasil! Keren, bukan?!
Lalu muncul sebuah pertanyaan : “Oke, gue ini pemuda. Terus, apa yang bisa gue lakuin? Secara gue gak punya bakat apa-apa, gak punya prestasi apa-apa. Singkatnya, gue cuman pemuda biasa. Bisa dibilang gue cuman punya kentut dan semangat yang membara.”
ITU CUKUP!
Yup. Kalo kata saya, memillikki semangat yang berkobar-kobar untuk melakukan sesuatu, udah jadi modal yang lebih dari cukup untuk memulai! Selanjutnya, cobalah mulai mengenal diri sendiri. Potensi apa yang bisa digali, diseriusi dan dijadikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak.
Ada yang komentar : “Aduh, gue cuman pegawai honor biasa. Gak punya bakat di bidang apa-apa. Tapi sih, gue memang punya mimpi, pengen punya warnet. Biar bisa kerja di rumah.”
Dari pertanyaan di atas, bisa nggak disimpulkan sesuatu, dan ini juga baru saya sadari sebenarnya. Yaitu: selain semangat, untuk bisa maju, pemuda juga butuh mimpi.


Kita ambil dari contoh di atas. Dia hanya pegawai biasa, gaji pas-pasan, dan nggak punya apa-apa. Singkat kata, dia cuma orang biasa dengan kebiasaan biasa-biasa pula. Setidaknya, itu yang dia pikirkan.
Tapi dia lupa, dia memilikki satu hal maha penting yang membedakan dirinya dengan banyak orang-orang yang gagal sebelum memulai. Nah. Itu jawabannya, dia punya MIMPI. Mimpi yang sangat sederhana, yang mungkin tanpa dia sadari akan memberikan hal baik untuk usahanya memberikan kebaikan bagi orang lain.
Ada pertanyaan lagi : “Punya warnet?! Mimpi macam apa itu? Lalu setelah punya warnet, apa yang bisa dilakukannya untuk melakukan perubahan? Untuk menjadi agen perubahan?!”
Hmm..
Begini, untuk bisa memilikki warnet, tentunya dia harus kumpulin modal atau mungkin meminjam modal dari bank atau koperasi atau dari orang lain, seperti orang tuanya sendiri, kan? Dalam bekerja, dia sudah memilikki SEMANGAT untuk bekerja lebih keras demi modal yang dia butuhkan. Atau untuk bisa pinjem modal, dia juga butuh SEMANGAT yang sama untuk meyakinkan orang-orang bahwa yang mau dia pinjami, bahwa dia nggak pernah main-main dengan niatnya. Bahwa dia bersemangat untuk mewujudkan mimpi sederhananya.
Lalu, “Modal dapat. Warnet jadi. Terus?!”
Gini, perubahan itu intinya apa sih? Sesuatu yang baik, bukan?
Dan sesuatu yang baik seperti apa yang bisa dilakukan oleh seorang pemilik warnet? Sebut saja, dia bisa mengoptimalkan program internet sehat pada tiap komputer-komputer di dalam warnetnya. Atau malah dia bisa rutin ngeblog dan menyuarakan semangat dari laman blognya itu. Atau ini atau itu. Masih banyak kemungkinan baik lainnya, kan?
Setelah lama berkecimpung dalam dunia internet, suatu hari nanti dia bisa menyampaikan berbagai macam pemikirannya tentang internet sehat bagi orang-orang di sekitarnya. Dan seterusnya dan seterusnya.
Seperti bisnis MLM, kita harus percaya, sesuatu yang baik pasti akan melebar, mengglobal, bahkan dengan cara-cara yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
Ada temen gw yg ikut nanya-nanya : “Oke, gw ini Nafiar cuma seorang pelajar. Mau berubah apanya? sekolah di SMAN 8 Tangerang juga masih dibayarin ortu,. Makan sehari-hari jugamasih minta sama ortu. Meski semangat dan mimpi saya meledak-ledak tiap harinya!”
Bukan hanya pelajar, bahkan seorang tukang sapu jalan juga bisa jadi agen perubahan. Semua pasti bisa, jika kita punya semangat dan mimpi untuk mewujudkannya.
Masa iya, Tuhan akan membiarkan orang yang mau berbuat baik, berjuang sendirian tanpa ada bantuan?
Siapa tahu nanti si Nafiar, tanpa sengaja ketemu sama si pegawai honor yang udah punya warnet? Dan dari sana muncul pemikiran-pemikiran ajaib yang bisa mereka lakukan bersama-sama. Meskipun mereka gak bisa menikah, karena mereka tak saling cinta. Dan sadar jika keduanya berkelamin sama. Eh?
Jadi, ayolah, jangan tutup segala kemungkinan! Ketika kita berbicara tentang mimpi dan semangat, jangan pernah meremehkan Tuhan dengan segala macam kemungkinan yang bisa Dia berikan!
Oh iya, mungkin nanti di depan, ada dan mungkin banyak orang-orang yang lebih tua (dalam umur) yang akan memandang usaha baik kita itu dengan sebelah mata. Jangan marah. Berikan senyuman terbaik, tundukan kepalamu sedikit dan ingat selalu detik itu untuk menjadi semangat untuk bisa melakukan yang terbaik. Bayangkan, wajah siapa yang akan shock ketika usaha kita ini berhasil nantinya. Sounds cool, huh?!

Ayo tunggu apa lagi?! Mulailah bermimpi, dan segeralah berlari penuh semangat demi mewujudkannya! Saya duluan, ya! Kalian, jangan mau kalah!

*poof!*


fin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar